kuota gratis kemendikbud

Ini Besaran Kuota Gratis Kemendikbud dan Jadwal Penyalurannya

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2021, kriteria penerima bantuan kuota internet adalah peserta didik dan tenaga pengajar pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), jenjang pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi.

Beberapa penerima kuota internet gratis akan mendapat notifikasi SMS yang merincikan besaran kuota yang didapatkan. Bagi yang tidak menerima notifikasi, cara cek subsidi kuota internet Kemendikbud 2021 bisa dilakukan melalui aplikasi, dial USSD, dan SMS sesuai operator selular yang digunakan.

Seperti yang sudah disampaikan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa bantuan kuota ini diluncurkan pada 11-15 September, 11-11 Oktober dan 11-15 November 2021. Bantuan kuota data tersebut berlaku 30 hari sejak diterima.

Berikut ini penjelasan mengenai cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, besaran, syarat, hingga akses yang bisa dilakukan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021).

Besaran Bantuan Kuota Internet Gratis

Bagi para siswa, mahasiswa, guru maupun dosen yang telah terdaftar sebagai penerima kuota gratis dari Kemendikbud Ristek penting untuk mengetahui besaran kuota gratis tersebut. Berikut ini penjelasannya:

1. Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  memperoleh kuota sebanyak 7 GB per bulan.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah akan memperoleh  kuota sebanyak 10 GB per bulan.

3. Pendidik PAUD Dikdasmen memperoleh 12 GB per bulan.

4. Dosen dan Mahasiswa memperoleh kuota 15 GB per bulan.

Jadwal Penyaluran Bantuan Kuota Data Internet

Setelah mengetahui cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, penting pula mengetahui jadwal penyalurannya. Bantuan kuota gratis bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen disalurkan pada bulan September, Oktober, dan November 2021. Kuota tersebut, berlaku selama 30 hari sejak diterima. Adapun mengenai rincian jadwalnya adalah sebagai berikut:

1. Tanggal 11-15 September 2021.

2. Tanggal 11-15 Oktober 2021.

3. Tanggal 11-15 November 2021.