Review KTA OCBC NISP serta Syarat dan Sebagainya

Review KTA OCBC NISP serta Syarat dan Sebagainya

KTA OCBC NISP merupakan sebuah layanan peminjaman online tanpa agunan yang dapat Anda lakukan. Lalu bagaimana cara mengajukannya? Apa saja syarat-syaratnya? Berapa besar bunganya?

KTA atau singkatan dari Kredit Tanpa Agunan ialah salah satu produk bank yang sudah terkenal di masyarakat. KTA banyak digunakan bagi beberapa masyarakat yang membutuhkan dana darurat.

Walaupun fintech pinjaman online memiliki banyak sekali berbagai penawaran kredit, namun KTA mempunyai daya tariknya tersendiri. Banyak keunggulan hanya dimiliki oleh KTA OCBC NISP dibandingkan dengan fintech, diantaranya.

Pertama, bunga pada KTA lebih rendah daripada fintech pinjaman online. Bunga tertinggi KTA sebesar 20% dalam setahun, sedangkan fintech sebesar 20% sebulan. Perbedaannya mencangkup antara tahun dan bulan, perbedaan yang cukup signifikan.

Lalu keunggulan lainnya ialah, plafon kredit KTA bank yang lebih besar, bisa mencapai ratusan juta. Sementara fintech menawarkan plafon sekitar dibawah Rp. 5 juta rupiah. Dan, Tenor pinjaman KTA lebih pajang hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Pengertian Pinjaman KTA OCBC NISP

OCBC NISP merupakan sebuah pinjaman dana tunai namun tanpa jaminan konsumen ritel. Dengan tidak adanya agunan serta pembayaran dapat dicicil selama masa tenor kredit. Berikut fitur-fitur pada OCBC NISP.

  1. Fitur KTA

Pertama, dana tunai tanpa adanya jaminan langsung ditransfer ke rekening nasabah. Lalu besar cicilan tiap bulan sesuai kurun waktu pinjaman, plafon kredit hingga 200 juta rupiah, kemudian masa kredit hingga 3 tahun.

Beberapa angsuran yang dibayarkan mencangkup besar pinjaman itu sendiri, bunga serta biaya-biaya lainnya (apabila ada). Keseluruhan tersebut dibayarkan sesuai masa angsuran yang berlaku hingga KTA seluruhnya terbayar lunas dari nasabah pada bank.

  1. Cara Pengajuan

Cara mengajukan KTA OCBC NISP terdapat dua cara, yaitu pertama mengajukannya secara online. Kedua, menerima penawaran marketing KTA dari aplikasi Whatsapp atau bisa melalui telepon.

Syarat Umum untuk Pengajuan KTA

Syarat pengajuan terbagi atas dua kategori, yaitu karyawan dan pengusaha. Baik keduanya memiliki poin poin berbeda, simak perbedaannya.

  1. Syarat Pengajuan Bagi Karyawan

Syarat pertama yakni WNI dengan kurun usia 21 tahun sampai dengan 55 tahun. Lalu berstatus sebagai karyawan tetap minimal selama 1 tahun dan minimal penghasilannya sebesar 3 juta rupiah.

Kemudian memiliki KTA OCBC NISP, NPWP untuk pinjaman 50 juta rupiah atau lebih, memiliki akun DJP online atau BPJSTKU. Lampirkan juga dokumen pendapatan dan terakhir, berdomisili di sekitar Coverage Area Bank OCBC NISP yakni, Jabodetabek dan Bandung.

  1. Syarat Pengajuan Bagi Pengusaha

Syaratnya yaitu, kewarganegaraan Indonesia dengan rentang usia dari 21 tahun hingga 55 tahun. Pengusaha dari 21 sampai 65 tahun dengan gaji minimal 8 juta rupiah per bulan, serta memiliki usaha minimal selama 2 tahun.

Lanjut, mempunyai KTP elektronik, dan NPWP pinjaman sebesar 50 juta rupiah atau lebih. Kemudian, mempunyai rekening koran atau E-Statement dalam kurun 6 bulan terakhir.

Memiliki surat legalitas usaha, bukti kepemilikan tempat usaha. dan terakhir, berdomisili di Coverage Area Bank OCBC NISP yakni, Jabodetabek dan Bandung.

Perlu diperhatikan, domisili atau pekerjaan yang dibolehkan hanya yang berdomisili di sekitar Jabodetabek dan kota Bandung. Bagi yang berada di luar area tersebut, sayangnya tidak bisa mengajukan pinjaman KTA OCBC NISP.

  1. Dokumen yang Diperlukan

Lalu, dokumen apa saja yang perlu disiapkan? Pertama siapkan foto KTP elektronik. Kedua, Foto NPWP (untuk pengajuan dimulai dari batas 50 juta).

Ketiga, foto selfie bersama e-KTP. Dan terakhir, foto tanda tangan di atas kertas putih (poin ketiga dan terakhir, khusus bagi yang mengajukan melalui One Mobile).

Berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku, telah menetapkan bahwa NPWP wajib untuk pinjaman lebih besar dari 50 juta ke atas. Jika mengajukan tanpa NPWP dalam jumlah sebesar ini, tentu saja bank akan menolaknya.

Untuk pembayaran pinjaman, dapat nasabah angsur sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan pada saat peminjaman. Namun apabila terjadi keterlambatan dalam membayar angsuran, maka akan dikenakan sanksi berupa biaya keterlambatan.

Itulah beberapa informasi seputar Kredit Tanpa Agunan serta OCBC NISP mulai dari penjelasan, pengajuan, dan syarat yang harus diperlukan. Dengan adanya informasi ini, diharapkan dapat membantu Anda dalam meminjam di KTA OCBC NISP.