Cara Cek Sisa Angsuran BRI KUR

Hello, Bacadenkers! Jika kamu sedang mencari informasi tentang cara cek sisa angsuran BRI KUR, kamu berada di tempat yang tepat. BRI KUR atau BRI Kredit Usaha Rakyat adalah produk kredit mikro yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia untuk membantu usaha kecil dan menengah. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk melakukan pengecekan sisa angsuran BRI KUR. Yuk, simak selengkapnya!

1. Siapkan Nomor Rekening dan Nomor Kartu Debit

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan nomor rekening dan nomor kartu debit yang terdaftar pada BRI KUR. Pastikan nomor yang kamu siapkan benar dan sesuai dengan data yang kamu miliki.

2. Kunjungi Situs Resmi BRI

Selanjutnya, kunjungi situs resmi BRI di www.bri.co.id. Pada halaman utama, cari menu “Layanan Digital” dan klik “e-Channel”.

3. Pilih Menu “BRI Mobile”

Setelah masuk ke halaman e-Channel, kamu akan menemukan beberapa pilihan layanan digital BRI. Pilih menu “BRI Mobile” dan tunggu beberapa saat hingga muncul halaman baru.

4. Masuk ke BRI Mobile

Pada halaman baru, kamu akan diminta untuk memasukkan User ID dan Password yang sudah kamu buat sebelumnya. Jika kamu belum memiliki akun BRI Mobile, klik “Daftar” dan ikuti langkah-langkah untuk membuat akun baru.

5. Pilih Menu “Kartu Kredit dan KUR”

Setelah berhasil masuk ke BRI Mobile, pilih menu “Kartu Kredit dan KUR”. Nantinya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor rekening dan nomor kartu debit yang terdaftar pada BRI KUR.

6. Cek Sisa Angsuran

Langkah terakhir adalah dengan mengecek sisa angsuran BRI KUR. Setelah memasukkan nomor rekening dan nomor kartu debit, kamu akan melihat detail informasi tentang BRI KUR yang kamu miliki, termasuk sisa angsuran yang harus dibayarkan.

7. Kunjungi Kantor BRI Terdekat

Jika kamu tidak memiliki akses ke layanan digital BRI, kamu juga dapat mengunjungi kantor BRI terdekat untuk mengecek sisa angsuran BRI KUR. Pastikan kamu membawa KTP dan kartu debit BRI KUR sebagai identitas saat mengunjungi kantor BRI.

8. Menggunakan SMS Banking

Selain menggunakan layanan digital BRI, kamu juga dapat mengecek sisa angsuran BRI KUR melalui SMS Banking. Caranya sangat mudah, cukup kirim SMS dengan format “INFO#KUR#Nomor Rekening#Nomor Kartu Debit” ke nomor 3300. Contohnya: “INFO#KUR#123456789#987654321”.

9. Menggunakan BRI Internet Banking

Jika kamu memiliki akun BRI Internet Banking, kamu juga dapat melakukan pengecekan sisa angsuran BRI KUR melalui internet banking. Masuk ke akun BRI Internet Banking, pilih menu “Kartu Kredit dan KUR”, dan masukkan nomor rekening dan nomor kartu debit yang terdaftar pada BRI KUR.

10. Telepon BRI Call Center

Jika kamu kesulitan melakukan pengecekan sisa angsuran BRI KUR melalui layanan digital, SMS Banking, atau Internet Banking, kamu dapat menghubungi BRI Call Center di nomor 14017. Tim customer service BRI akan membantu kamu mengecek sisa angsuran BRI KUR.

11. Pastikan Data yang Kamu Miliki Benar

Sebelum melakukan pengecekan sisa angsuran BRI KUR, pastikan nomor rekening dan nomor kartu debit yang kamu miliki benar dan sesuai dengan data yang terdaftar di BRI. Jika ada kesalahan data, segera hubungi kantor BRI terdekat untuk melakukan perbaikan data.

12. Perhatikan Jangka Waktu Pembayaran

Ketika mengecek sisa angsuran BRI KUR, pastikan kamu juga memperhatikan jangka waktu pembayaran. Jika sisa angsuran yang harus dibayarkan sudah semakin dekat dengan batas waktu pembayaran, segera lakukan pembayaran untuk menghindari denda.

13. Hindari Pembayaran Lewat Tenggat Waktu

Jangan pernah melakukan pembayaran melebihi tenggat waktu yang telah ditentukan. Jika kamu terlambat melakukan pembayaran, kamu akan dikenakan denda dan bunga yang cukup besar. Jangan sampai sisa angsuran BRI KUR membuatmu terjebak dalam hutang yang semakin besar.

14. Lakukan Pembayaran Secara Rutin

Untuk menghindari denda dan bunga yang tinggi, lakukan pembayaran sisa angsuran BRI KUR secara rutin sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Pastikan kamu memiliki rencana pembayaran yang jelas dan sesuai dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki.

15. Jangan Pinjam Uang Lebih dari Kemampuanmu

Saat mengajukan BRI KUR, pastikan kamu tidak meminjam uang lebih dari kemampuan keuangan yang kamu miliki. Hindari pinjaman yang tidak perlu dan pastikan kamu dapat membayar angsuran BRI KUR secara rutin.

16. Pilih Produk Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Sebelum memutuskan untuk mengambil produk kredit seperti BRI KUR, pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pilihlah produk kredit yang memiliki bunga rendah dan jangka waktu pembayaran yang fleksibel.

17. Jangan Mudah Terpengaruh Iklan

Jangan mudah terpengaruh iklan yang menjanjikan pinjaman uang dengan bunga rendah dan proses yang mudah. Pastikan kamu memahami seluruh syarat dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman uang. Jangan sampai kamu terjebak dalam praktik pinjaman yang tidak jujur dan merugikan.

18. Simpan Bukti Pembayaran dengan Baik

Setiap kali melakukan pembayaran sisa angsuran BRI KUR, pastikan kamu menyimpan bukti pembayaran dengan baik. Bukti pembayaran ini akan berguna jika terjadi permasalahan pada pembayaran atau terjadi kesalahan data pada BRI.

19. Hindari Peminjaman Uang dari Pinjaman Online

Hindari peminjaman uang dari pinjaman online yang tidak jelas dan tidak memiliki izin resmi. Jangan sampai kamu terjebak dalam perangkap pinjaman online yang memiliki bunga dan biaya yang tinggi.

20. Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara cek sisa angsuran BRI KUR dengan mudah dan cepat. Pastikan kamu melakukan pembayaran sisa angsuran secara rutin dan memperhatikan jangka waktu pembayaran. Selalu hindari praktik pinjaman yang tidak jujur dan simpan bukti pembayaran dengan baik. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!