11 Manfaat Kulit Semangka, Bisa Mengatasi Batu Ginjal, Lho!

Kulit Semangka
Kulit Semangka

Bacadonk.com – Semangka masih menjadi salah satu buah yang disukai oleh masyarakat, karena rasa buah semangka manis dan menyegarkan. Selain nikmat, buah semangka mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh, seperti vitamin A, C, B6, dan potassium, magnesium, lycopene, dan berbagai nutrisi sehat lainnya. Tak hanya itu saja, manfaat kulit semangka juga tak kalah banyak untuk kesehatan tubuh Anda.

Kandungan Nutrisi Kulit Semangka?

Kulit buah semangka adalah lapisan luar yang keras dari semangka, dan biasanya berwarna hijau di bagian luar, kehijauan ke bagian dalam hingga putih pucat. Kulit ini jelas lebih keras dan kurang berair daripada daging buah yang berwarna merah, tetapi bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, manfaat kulit semangka benar-benar dapat dimakan. Namun, hanya mengunyah kulit semangka mungkin bukan cara paling lezat atau paling efektif untuk menikmati bagian buah ini.

Manfaat kulit semangka juga sangat menyehatkan karena mengandung banyak sekali nutrisi, tetapi kebanyakan orang hanya membuang kulitnya tanpa berpikir dua kali. Tidak hanya kulit buah semangka mengandung semua nutrisi yang sama seperti yang ditemukan dalam daging buah semangka, tetapi bahkan konsentrasi antioksidan, mineral, vitamin, dan bahan aktif tertentu yang lebih tinggi.

Kulit semangka yang keras ini mengandung kadar kalori rendah, tetapi konsentrasi tinggi vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan seng. Kulit buah semangka juga kaya nutrisi dengan klorofil, citrulline, lycopene, asam amino, dan flavonoid dan senyawa fenolik.

Manfaat Kulit Semangka Meningkatkan Kesehatan Tubuh 

Mulai sekarang pertimbangkan lagi bila ingin membuang kulit semangka, karena manfaat kulit semangka ini begitu menyehatkan tubuh Anda, bahkan bisa melangsingkan tubuh, lho!

Lantas, apa saja manfaat kulit semangka tersebut? ayok mari, disimak ulasan berikut ini yang telah admin bacadonk ringkas kembali untuk para pembaca semua.

1. Mengatasi batu ginjal

Manfaat kulit semangka yang pertama dapat mengatasi batu ginjal. Kandungan kalium yang tinggi dalam kulit semangka bisa mengendalikan kadar asam dalam urine, mengeluarkan racun pada ginjal, dan membantu meluruhkan batu ginjal secara alami.

2. Melawan peradangan

Kandungan likopen dalam kulit semangka bisa mengatasi peradangan. Selain itu, manfaat kulit semangka baik bagi kesehatan mata dan asam folat yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan gangguan usus besar, ini karena kulit semangka juga mengandung beta karoten.

3. Mengatasi infeksi saluran kemih

Manfaat kulit semangka ternyata juga memberikan efek menghidrasi pada tubuh sehingga bisa mengatasi masalah infeksi saluran kemih.

4. Baik bagi ibu hamil

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa gula alami yang ditemukan di kulit semangka dapat menurunkan masalah morning sickness, rasa tidak nyaman pada perut, dan pembengkakan, berkat kandungan kalium yang tinggi dalam kulit semangka.

Baca Juga : Kulit Jeruk Nipis Yang Mempunyai Banyak Manfaat

5. Perawatan kulit

Dengan jumlah likopen dan flavonoid lain yang cukup, kulit semangka mengandung antioksidan, yang dapat membantu mengurangi efek radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif, yang meminimalkan munculnya kerutan, noda, dan bintik-bintik di kulit saat usia bertambah. Manfaat kulit semangka ini cocok bagi mereka yang ingin cantik tapi dengan biaya murah.

6. Mengatasi tekanan darah

Kulit semangka memiliki kadar potasium sangat tinggi, yang berfungsi sebagai vasodilator, membantu mengurangi stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri. Manfaat kulit semangka juga bisa menurunkan risiko aterosklerosis, serta serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebanyak 30% lebih dari kebutuhan vitamin C harian Anda bisa didapatkan dalam satu porsi kulit semangka (1 cangkir), ini dapat memberikan dorongan besar untuk sistem kekebalan tubuh, karena vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih, garis pertama pertahanan terhadap infeksi dan patogen asing di dalam tubuh.

8. Meningkatkan libido pria

Manfaat kulit semangka ternyata bisa meningkatkan kinerja seksual, berkat efeknya pada penyempitan pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke area intim pria, sehingga meningkatkan kinerja seksual dan libido dengan pasangan Anda.

9. Mengurangi perkembangan penyakit kronis

Likopen dan sitrulina yang terkandung dalam kulit semangka ini dapat membantu menetralisir radikal bebas sebelum mereka dapat menyebabkan mutasi seluler dan mengarah pada penyakit kronis.

10. Menurunkan berat badan

Mereka yang mengalami masalah kelebihan berat badan bisa mulai mengonsumsi kulit semangka sebagai salah satu bagian program diet. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat dalam kulit semangka yang bisa membuat kita lebih mudah kenyang. Manfaat kulit semangka jika dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh hingga 30 persen berkat banyaknya kandungan sitrulina.

11. Manfaat ekonomis

Menggunakan setiap bagian semangka seprti daging buah, kulit dan bijinya tidak hanya menguntungkan kesehatan, manfaat kulit semangka juga bisa menghemat pengeluaran. Anda bisa membuat acar dari kulit buah semangka karena memiliki konsistensi yang sama seperti mentimun.

Cara Mengonsumsi Kulit Semangka 

Seperti yang sudah disebutkan, tekstrur keras dan berserat dari kulit semangka membuatnya kurang menarik sebagai camilan. Namun, Anda dapat menikmati kulit semangka dalam bentuk smoothie dan selai, dan Anda juga bisa mengonsumsinya untuk digunakan nanti sebagai sampuran makanan lain!

Anda bisa mencampurkan kulit semangka dengan jus di pagi hari. Banyak orang juga memotong kulit semangka dan mencampurkannya ke dalam salad atau menambahkanya pada acar yang menyegarkan.

Ini lah yang dapat admin ringkas sedikit semoga para pembaca dapat mencobanya dan mendapatkan manfaat dan khasiat nya, & semoga berhasil.  Salam Sehat…