Pahami 4 Pilar Penting Makanan Pendamping ASI

Ilustrasi Makanan Bayi

Aditya –Makanan Pendamping ASI atau MPASI merupakan salah satu hal penting dalam tumbuh kembang anak. Perlu dipahami, MPASI memiliki empat pilar yang harus dikenali oleh orangtua dalam mengasuh si kecil.

Pemenuhan gizi anak perlu diberikan semenjak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Di mana proses pemberian ASI eksklusif diberikan pada enam bulan pertama kehidupan anak.

“ASI Eksklusif baru 31 persen. MPASI memiliki kontribusi penting dalam tumbuh kembang anak di mana ada empat pilar yaitu makanan beragam, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan normal,” ujar Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Drs Hendra Jamal MSi, dalam acara Frisian Flag, di Balai Kartini, Jakarta, Senin 29 April 2019.

Dikatakan Jamal, sudah menjadi hak anak dalam mendapatkan pemenuhan gizi untuk tumbuh kembangnya. Sebab, gizi yang tepat melalui MPASI dapat berkaitan pada kecerdasan anak.

“Asupan gizi akan berpengaruh pada kecerdasan anak. Pola asuh yang tepat penting. Karena sering orangtua hanya mementingkan nutrisi untuk fisik dan melupakan kecerdasan emosional,” paparnya.

Selain itu, nutrisi yang terbaik pada anak akan berkaitan erat dengan kesehatan tubuhnya. Dikatakan Jamal, orangtua sudah seharusnya merencanakan hal ini sebelum si kecil mulai tumbuh dan berkembang.

“Riskesdas 2018 menemukan bahwa angka stunting masih tinggi sebesar 30,8 persen. Sepertiga anak alami stunting. Sehingga mendapat kesehatan termasuk hak anak dan peningkatan kualitas anak harus direncanakan sejak dini.

Sumber: viva.co.id

Klik Disini

Tags: