Peran Orang Tua dalam Mencegah Penyakit pada Anak

Bacadenk.com –Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga Si Kecil agar terhindar dari penyakit. Salah satu cara mencegah penyakit pada anak adalah menerapkan dan mencontohkan pola hidup yang sehat.

Sistem imun anak yang belum sempurna membuatnya lebih rentan sakit. Oleh karena itu, Bunda dan Ayah harus senantiasa memberi Si Kecil “amunisi” yang tepat agar sistem imunnya bisa berkembang dengan baik dan kuat melawan penyakit. Tidak hanya itu, Bunda dan Ayah juga perlu menciptakan lingkungan yang sehat untuknya.  Mari disimak yang sudah admin bacadenk rangkum kembali.

Tips untuk Mencegah Penyakit pada Anak

Mencegah penyakit pada Si Kecil harus dilakukan dari dalam dan luar, yaitu dengan memastikan sistem imunnya kuat dan menghindarkannya dari sumber penyakit yang mungkin ada di lingkungan sekitar. Berikut ini adalah beberapa gaya hidup sehat yang bisa Bunda dan Ayah terapkan pada Si Kecil:

1. Cukupi kebutuhan nutrisi anak

Untuk membentuk sistem imun yang baik, Si Kecil membutuhkan energi dan nutrisi yang baik pula. Kandungan nutrisi pada makanan, seperti protein, vitamin, dan mineral, diperlukan untuk membangun komponen-komponen sistem imun yang baik.

Nutrisi tersebut bisa Si Kecil dapatkan dari beragam menu makanan sehat dan bergizi seimbang yang Bunda dan Ayah berikan kepadanya. Pastikan Si Kecil mendapatkan makanan sumber protein, seperti ikan dan telur, setiap harinya. Pastikan juga ia mengonsumsi sayur, buah, dan susu.

Bila perlu, Bunda bisa memberikan Si Kecil susu dengan kandungan prebiotik, seperti frukto-oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida (GOS), serta asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) dan omega-6.

Kandungan susu formula ini berperan dalam pembentukan sel-sel imun dan terbukti dapat menurunkan risiko anak terkena infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan dan saluran pencernaan.

Baca Juga : Amankah Memberi kalung Teether Pada Bayi?

Di samping itu, jangan lupa membatasi makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh, atau makanan cepat saji. Makanan-makanan seperti ini dapat meningkatkan peradangan dan menurunkan daya tahan tubuh.

2. Ajarkan pola hidup bersih kepada anak

Tubuh yang bersih dapat menghindarkan anak dari penyakit. Namun, mengajarkan pola hidup bersih kepada anak membutuhkan waktu dan kesabaran. Bunda dan Ayah bisa memulainya dari hal yang sederhana, seperti mengajari dan membiasakannya mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan.

Ajarkan juga cara sikat gigi dan mandi yang benar. Ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya menyikat gigi dengan panduan lagu yang menarik.

3. Jaga kebersihan rumah

Rumah yang kotor bisa menjadi tempat virus, bakteri, dan kuman penyakit berkembang biak. Jadi, untuk mencegah penyakit pada anak, kebersihan rumah harus dijaga. Bersihkan setiap ruangan hingga ke sudut-sudutnya secara rutin, terutama ruang tidur Si Kecil dan ruangan yang sering dipakainya untuk bermain.

Upayakan ruangan di dalam rumah memiliki ventilasi udara yang baik dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Bukan hanya itu, usahakan juga agar rumah bebas dari asap rokok.

4. Pantau waktu tidur anak

Saat tidur, tubuh menghasilkan komponen sistem imun yang berguna untuk melawan infeksi dan radang. Oleh karena itu, anak perlu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Berikut adalah waktu tidur yang ideal untuk anak-anak sesuai usianya:

  • Usia 0–3 bulan: 14–17 jam per hari
  • Usia 4–11 bulan: 12–15 jam per hari
  • Usia 1–2 tahun: 11–14 jam per hari
  • Usia 3–5 tahun: 10–13 jam per hari

5. Ajak anak berolahraga

Berolahraga secara rutin sangat bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil, sehingga ia tidak gampang sakit. Ajaklah Si Kecil setiap Bunda atau Ayah berolahraga, agar ia bisa memperhatikan apa yang Bunda dan Ayah lakukan. Perlahan-lahan, ajak Si Kecil untuk ikut berolahraga.

Mungkin Bunda dan Ayah bisa memulainya dengan berjalan santai di pagi hari. Setelah itu, ajak Si Kecil untuk senam bersama. Bila perlu, daftarkan ia ke kursus olahraga yang diminatinya.

Pentingnya Meningkatkan Sistem Imun Anak

Sistem imun berfungsi untuk melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan mencegahnya datang lagi. Jika sistem imun anak kuat, ia tidak akan mudah terserang penyakit. Sebaliknya, jika sistem imun anak lemah, ia akan lebih gampang sakit dan lebih lama sembuh dari sakit.

Jatuh sakit jelas merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan untuk anak-anak. Tidak hanya itu, anak yang sering sakit bisa mengalami gangguan tumbuh kembang, yang kemudian akan membuatnya lebih mudah lagi untuk sakit.

Anak yang gampang sakit juga akan lebih sering tidak masuk sekolah, sehingga prestasi akademiknya pun bisa terganggu.

Upaya orang tua untuk mencegah penyakit pada anak dapat dimulai dengan memperkuat daya tahan tubuh anak dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak. Keduanya bisa dicapai dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih. Selain itu, Bunda dan Ayah juga perlu melengkapi imunisasi Si Kecil sesuai jadwal.

Mencegah penyakit pada anak juga mencakup upaya mencegah suatu penyakit bertambah parah dan menimbulkan komplikasi atau penyakit lain yang lebih berbahaya. Untuk itu, Bunda dan Ayah perlu memeriksakan Si Kecil ke dokter bila ia sakit, agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Ini lah artikel singkat yang admin rangkum dari alodokter & semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan si kecil pun sehat trus.